KICK OFF MEETING PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI STRATEGI SANITASI KABUPATEN (SSK) DI KABUPATEN DEMAK

Dinperkim Kab. Demak – Rabu, 12 April 2023 bertempat di ruang studio Bappelitbangda Kab. Demak, Dalam rangka pelaksanaan pendampingan implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Kabupaten Demak telah dilaksanakan Kick Off Meeting pendampingan implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK). Adapun rapat tersebut dihadiri Plt. Kepala Bappelitbangda kab. Demak, Kepala BPIW Jawa Tengah, Ketua Pokja PKP Provinsi Jawa Tengah, Fasilitator Pendamping SSK dari BPIW Jawa Tengah, Ketua Pokja PKP Kabupaten Demak, Serta Anggota Pokja PKP adalah para pegawai pada Bappelitbangda, Dinperkim, Dinpermasdes P2KB, Dinputaru, Din LH, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak.

Dalam Kick Off Meeting pendampingan implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) dibuka oleh Plt. Kepala Bappelitbangda kab. Demak Masbahatun Niamah, S.Si, didampingi oleh Kepala Bidang Prasarana Wilayah & Ekonomi Ahmad Nur Azizul Miftah, ST, MM, dilanjutkan pemaparan materi yaitu Pendampingan Implementasi SSK Kegiatan KOM Kabupaten Demak yang disampaikan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah selaku Pokja Provinsi Jawa Tengah. Dari hasil diskusi, terdapat beberapa masukan dari beberapa OPD, antara lain dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak, yang terkendala dengan penyediaan Lahan untuk Instalisasi Pelngolahan Limbah Tinja (IPLT), akibat ditutupnya TPA kali kondang, sehingga perlu adanya lahan untuk pembangunan IPLT, Kemudian dari Dinas Lingkungan hidup yakni penanganan sampah di TPA Berahan wetan Kecamatan Wedung masih mengunakan sistem Open Dumping belum ditangani dengan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien.

Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar TPA. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing). Hasil pengolahan tanki biodigester berupa gas akan digunakan untuk supply energy, selanjut dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Demak menyampaikan bahwa masih persampahan merupakan masalah terutama di kawasan permukiman kumuh masih belum tertangani, supaya kawasan permukiman menjadi prioritas pertama untuk segera ditangani. Dari hasil diskusi, diharapkan dapat dijadikan masukan dalam Implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten Demak di tahun 2023 ini.

By : Kak Roz
Bidang Kawasan Permukiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *