PVD Sebagai Penguat Konstruksi Tanah

Prefabricated Vertical Drain (PVD) atau dikenal juga dengan sumbu penguras, merupakan salah satu dari metode umum yang digunakan untuk memampatkan lapisan tanah lunak dengan kapasitas daya dukung tanah dasar yang rendah. Sehingga tanah dasar tersebut dapat memenuhi syarat sebagai landasan konstruksi di atanya.

PVD adalah lembaran plastik untuk drainase vertikal yang panjang dan berkantung yang merupakan kombinasi antara bahan inti (core) polypropylene berkekuatan mekanik tinggi dan lapisan pembungkus dari bahan geotekstil.

Fungsi PVD adalah untuk mempersingkat jarak tempuh air pada pori-pori tanah sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat tanah padat karna Air akan mengalir secara lateral ke saluran terdekat, lebih cepat dibandingkan aliran vertikal (tanpa PVD)

PVD memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya cukup populer dipakai, seperti mampu mengurangi total waktu yang diperlukan dalam proses pemadatan tanah. Berkaitan dengan itu, penerapan PVD juga mengurangi beban tambahan yang dibutuhkan untuk mencapai kepadatan yang diinginkan dalam waktu yang sama.

Keunggulan lainnya adalah PVD mampu meningkatkan kekuatan tanah yang diperoleh dari pemadatan tanah halus, dimana stabilitas adalah faktor yang harus diperhatikan. Dari sudut pandang lain, dibandingkan dengan sand drain, PVD lebih ekonomis dan mengurangi gangguan yang dapat mengurangi stabilitas tanah serta pemasangan yang lebih mudah
PVD sangat bagus digunakan untuk proyek-proyek konstruksi di daerah yang banyak dijumpai daerah rawa-rawa, persawahan seperti pembangunan jalan Tol semarang Demak yang juga menggunakan PVD

[will#03-PLP#bidang PKP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *