Dinperkim Kab. Demak Ikuti Kongres Sampah Jawa tengah

Bertempat di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Kegiatan Kongres Sampah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut di selenggarakan pada hari Sabtu – Minggu tanggal 12 – 13 Oktober 2019.

Selain Kongres Sampah juga diadakan festival Rawapening. Acara berlangsung sangat meriah dan dihadiri lebih dari 1500 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat yang ada di jawa tengah, mulai dari pemerintah, akademisi, pelajar, komunitas, pengusaha dan lain sebagainya.

Saat ini sampah sudah menjadi masalah nasional disebagian besar TPS sudah tidak muat lagi untuk menampung sampah bahkan Indonesia adalah negara ke -2 dunia penghasil sampah sehingga keadaan ini adalah keadaan darurat sampah.

Maka dari itu Bapak Gubernur Jawa tengan Ganjar Pranowo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk┬ámembentukan Satgas Sampah di seluruh desa di Jawa Tengah dan mencanangkan gerakan pemilahan sampah 3 Ng yaitu Ngelongi, Nganggo dan Ngolah (mengurangi, memanfaatkan dan mengolah), sehingga tema dari kongres ini adalah “SAMPAH MEMBAWA BERKAH”

Dalam Kongres Sampah ini dibentuk komisi – komisi yang akan membahas bagaimana cara pengolahan sampah, sampai terciptanya iptek untuk mengelah sampah, serta kebijakan – kebijakan dari pemerintah yang melekat dalam hal penanganan sampah.

ada 5 komisi dalam kongres sampah antara lain

Komisi I tema ” Sampah Sebagai Komoditas Ramah Lingkungan ”

Komisi II tema ” Pengembangan Ilmu dan Teknologi Penanganan Sampah ”

Komisi III tema ” Regulasi, Kebijakan dan Program Penanganan Sampah Yang Ramah Lingkungan”

Komisi IV tema ” Penguatan Konsolidasi dan Sinergi Pemangku Kepentingan Persampahan ”

Komisi V tema ” Gerakan Anti Sampah Non-Organik ”

Kongres Sampah ini adalah tempat bertemunya para pemangku kebijakan, akademisi, inovator, kreator, para pelaku peduli lingkungan, untuk bersama – sama sinergi dalam penanganan sampah.

Pada kesempatan ini Bapak Gubernur Ganjar Pranowo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut aktif dalam gerakan memilah sampah mulai dari rumah, dan menghimbau terbentuknya komunitas – komunitas peduli lingkungan sebanyak – banyaknya.

Mari bersama kita jaga lingkungan kita agar tetap bersih dan bebas dari sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *